Senin, 18 Oktober 2010

Struktur dan Organisasi Data

Struktur Organisasi adalah hubungan tiap bagian pada suatu organisasi dengan mempunyai visi misi yang sama sehingga dapat tercapai tujuan terntentu. Struktur organisasi juga memiliki arti susunan subsistem dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab. truktur Organisasi meliputi : struktur hirarki,  spesialisasi, hubungan lini & staff, wewenang & tanggung jawab, rentang kendali.
Tujuan utama dari konsep struktur dan organisasi data adalah meminimumkan pengulangan dan mencapai independensi data. Independensi data adalah kemampuan untuk membuat perubahaan dalam struktur tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data.
- Model data adalah himpunan deksripsi data level tinggi yang dikonstruksi untuk menyembunyikan beberapa detail dari penyimpanan level rendah.
- Model Data Logik adalah model yang menjelaskan cara pemakai memandang data, bahwa data terlihat sebagai suatu kesatuan makna yang terintegrasi secara logis dari beberapa lokasi fisik yang berbeda.
- Hirarki data adalah struktur keorganisasian data dengan manajemen puncak paling atas. bentuk bagan seperti piramida.
- Sorting data adalah bagaiamana kita mengurutkan data supaya terintegrasi dengan baik.
- Jenis-jenis File ada beberapa jenis-jenis file data yaitu :
   1. File Utama (Master File) adalah sebuah file informasi yang tetap hubungannya tentang kesatuan. berisi     informasi pengenalan, sejarah dan statistik.
  2. File Transaksi (Transaction File) adalah kumpulan record-record yang menuliskan aktivitas atau transaksi dari organisasi.
  3.  File Laporan, adalah sebuah file buatan dari pengutipan data untuk mempersiapkan laporan.
  4. File Sejarah ( History File ), Merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip.
  5. File Pelindung ( Backup File ), Merupakan salinan dari file-file yang masih aktif didalam oragnisasi data pada suatu saat tertentu. digunakan bilsa file master mengalami kerusakan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar