Minggu, 28 April 2013

Aplikasi WebGIS Hasil Pemilu Legislatif 2004


Aplikasi WebGIS hasil pemilihan umum legislatif tahun 2004.
Keterangan berikut ini dituliskan kembali dari artikel WebGIS Pemilu pada blog Catetan kecil httsan:
—– Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan opensource Alov MAP yang berbasis pemrograman java. Dengan menggunakan Alov ini maka aplikasi dapat direkam pada CD-ROM dan dapat dijalankan secara “off-line” alias tidak memerlukan akses internet sama sekali. Semua data dan sistem telah terintegrasi dalam CD-ROM tersebut.
CD ROM ini diproduksi oleh KPU bekerja sama dengan IFES atas dukungan United Nations Development Programme (UNDP) dan United States Agency for International Development (USAID).
CD-ROM ini terdapat di Media Center KPU Pusat, dan juga dibagikan ke semua Pemda di Indonesia. Dalam paket CD-ROM ini terdapat juga Booklet yang berisi tentang Pembentukan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu 2004, dan juga tentang Sumber Data dan Kebutuhan untuk menjalankan Sistem ini di komputer.

Apa sebenarnya yang dapat terlihat dari aplikasi ini..? Contohnya adalah seperti gambar diatas. Kolom kiri adalah hasil dari Partai Kebangkitan Bangsa di Jawa Timur dan Bali. Warna menunjukkan semakin merah (gelap) maka suara pun semakin besar. Terlihat bahwa distribusi utama PKB (untuk hasil DPRD Provinsi) adalah di daerah Jawa Timur terutama di “tapal kuda”. Sedangkan di Prov Bali suara PKB sangat kecil. Kondisi sebaliknya terjadi untuk PDIP di Provinsi Bali, dimana hasil untuk DPRD Provinsi sangat didominasi oleh PDIP dibandingkan perolehan partai tersebut di Jawa Timur.
Satu hal yang perlu diingat adalah hasil tersebut merupakan jumlah suara (atau kursi, tergantung pilihan yang dijalankan pada aplikasi), dan jangan “tertipu mata” dengan luas daerah dan jumlah penduduk. Pengetahuan tentang cara menentukan Daerah Pemilihan (Dapil) sangat diperlukan, dan hal ini tidaklah sulit. Dapat dipelajari melalui Booklet atau juga terdapat pada Aplikasi tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar